Membeli co.id Tanpa harus memiliki perusahaan

Setelah usai masa gratis domain ID, beberapa domain ID yang sebelumnya saya daftarkan terpaksa saya diamkan beberapa bulan untuk di suspend karena saya memutuskan untuk merubah data diri dan dokumen pada saat akan meregisternya kembali. Keputusan ini bukan dalam rangka melakukan penipuan identitas tetapi sekedar menjaga privasi (meski bukan siapa-siapa tapi saya tidak nyaman memasang KTP atau SIM secara online) toh pihak register domain indonesia juga tidak melakukan cek terhadap dokumen dan data yang di kirimkan, Jadi buat apa mengambil resiko bahwa suatu saat KTP saya bisa saja di ambil orang lain di Edit2 dan kemudian di pajang sembarangan seperti kartu nama om sukro. Lagian toh sistem pembayaran PANDI tidak pernah mempermasalahkan siapa yang mendaftar dan siapa yang membayar asal LUNAS.

Maka ketika mendaftarkan domain WEB.ID yang sempat tidak saya bayar itu, saya memilih googling tanda pengenal orang lain (maap ya mas yang KTPnya saya pakai). Kemudian saya bayar dengan menggunakan ATM orang lain (sepengetahuan pemilik tentunya), dan mengirimkan lembaran aktivasi ke email pembayaran pandi. Semua lancar dan sampai saat ini domain tersebut teregistrasi dengan login pasword milik saya meskipun semua data bukan milik saya satupun.

Berhasil dengan domain Web.id saya tertantang untuk mencoba membeli co.id dengan cara yang sama. Thank`s GOD google always be there for me. Semua data untuk pendaftaran CO.ID yang saya cantumkan menggunakan pengenal orang lain (Termasuk NPWP serta SIUP) dan akhirnya domain CO.ID saya di setujui.

Berikut ini adalah surat dari persetujuan pendaftaran domain co.id oleh PANDI

Sejak awal saya yakin domain itu pasti akan di setujui, bahkan saya juga yakin seandainya di palsukan menggunakan photosop pihak pandi juga pasti akan menyetujui pendaftaran domain tersebut. Alasan keyakinan saya ini berdasarkan pertimbangan :

  • PANDI tidak bakal meneliti dokumen yang kita kirim asli atau tidak.
  • Penelitian SIUP dan NPWP hanya berdasarkan tampilan saja, bukan identitas (no registrasi) dari SIUP dan NPWP itu sendiri.
  • Paling mendasar adalah alasan bahwa semua data antar departemen TIDAK ONLINE (depkominfo dan departemen perdagangan)

Meski akhirnya domain kelola.co.id tidak jadi saya miliki, karena memang tidak saya bayar. ada pelajaran berharga dari uji coba yang saya lakukan tersebut di atas, yaitu bahwa semua DATA DIRI yang kita lampirkan selama pendaftaran domain ID adalah formalitas belaka.

CATATAN TERAKHIR, Bahwa tulisan ini tidak mengajarkan kepada anda untuk melakukan penipuan identitas. Segala bentuk penipuan identitas adalah pelanggaran dan memiliki konsekwensi hukum. Memasang identitas anda seperti KTP, SIM, SIUP,NPWP di website lebih baik di hindari karena rawan untuk di salah gunakan.

11 pemikiran pada “Membeli co.id Tanpa harus memiliki perusahaan

  1. Ping balik: Dot ID dan HaKI; Dan iPhone.web.id Pun Gak Jadi « Namain’s Weblog

  2. eh pertamax ny gd. min knp ga dibayar domain ny? gda duit ya min? pake alesan sgala sutarmin.blogspot.com aja gratis sutarmin.ndeso.com mimin sarimin

Tinggalkan Balasan

