Masih Seputar Web.ID

Gara-gara wnw.web.id dan Mail.web.id aku secara mendadak rajin melakukan whois ke domain web.id. Dan taukah anda bahwa dari sekian banyak kepemilikan domain web.id *cantik* ternyata banyak di daftarkan pada tahun 2006 – 2007 ( gratis).

Dan sekiranya pengelola Web.id paham bahwa domain tersebut lebih banyak tidak di manfaatkan, dan paling parah dari semua itu adalah satu orang dengan identitas yang sama di beri hak untuk memiliki domain ID sebanyak banyaknya.

Yang menjadi pertanyaan adalah untuk kepentingan apa domain Web.id di bagikan secara gratis ?

Apabila niatan pemberian domain web.id secara gratis adalah untuk memasyarakatkan penggunaan domain indonesia dan mempermudah bagi para pengguna internet indonesia untuk memiliki domain maka ini menjadi terbantahkan dengan tidak siapnya pengelola web.id dalam proses pembagiannya. seandainya saya bernama firdaus dan meregistrasikan domain gatot.web.id, bambang.web.id, andre.web.id, rudi.web.id, kelik.web.id maka mereka yang memiliki nama gatot, bambang,andre,rudi dll menjadi lebih di sulitkan apalagi domain tersebut di registrasikan oleh orang yang tidak berkepentingan dan parahnya lagi tidak di gunakan !

Sebenarnya perlu adanya sebuah Musyawarah Domain Indonesia yang bersifat terbuka di mana semua bisa datang mewakili perusahaan atau dirinya sendiri, baik sebagai seorang pebisnis yang memiliki keterkaitan dengan domain indonesia ataupun sekedar pengguna, yang nantinya di fungsikan untuk membangun cetak biru dunia domain indonesia kedepan, tanpa ada pretensi ekonomi ataupun politis. Karena membangun sebuah cetak biru dengan pretensi ekonomi dan politis akan membuat dunia domain indonesia semakin carut marut tidak jelas seperti saat ini.

Seandainya memang domain indonesia di siapkan untuk bersifat terbatas, maka di cari format keterbatasan secara jelas. Seandainya di siapkan untuk bersifat terbuka, maka di carikan mekanisme keterbukaanya.

aku merasa sampai saat ini merasa bahwa telah (akan) muncul gejala untuk melakukan transaksi jual beli domain indonesia *secara tertutup tentunya* mengingat banyaknya domain indonesia (khususnya web.id) yang di pendam dan tidak di manfaatkan oleh satu dua orang dalam jumlah yang cukup banyak, seandainya tidak sekarang ya suatu saat ketika domain indonesia dengan terpaksa membuka dirinya. Terlebih lagi banyak inkonsistensi dalam pendaftaran domain yang melanggar aturan….

8 pemikiran pada “Masih Seputar Web.ID

  1. setujuuuuuuuuu ….. dari keterangan di atas jadi kepikiran nih .. kapan yaa orang indonesia bisa berfikir efisien … dari dulu kog buang-buang waktu terus. Pantesan ketinggalan dengan negara tetangga terus. jadi males punya domain.web.id. …. biasanya kalo orang indonesia digugat, kalo ga ngamuk yaa MUNTABER (mundur tanpa berita) …. bisa kacau urusannya kalo gini caranya … sama sekali ga ada harapan ……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s