Suporting Bisnis Di Internet (just Idea)

ini cuma sekedar kotemplasi ide yang silahkan untuk di pergunakan dengan bebas.

berawal dari keisengan searching di Google untuk keyword “bhinneka mahal”. dan membaca bahwa ada beberapa orang yang merasa bahwa harga di web bhinneka lebih mahal di website lain. Meskipun demikian mereka “dengan terpaksa” tetap membeli di bhinneka.com karena hanya bhinneka yang memiliki reputasi terbaik untuk ecommerce di indonesia. Apabila di teliti sebenarnya metode transaksi di bhinneka pun sebenarnya sama saja dengan website lain, yaitu pesan, transfer, barang di kirim. Nah mekanisme inilah yang mampu di jaga oleh bhinneka untuk tetap menjadi yang terbaik di bidang ini.

Nah bagaimana dengan Website lain ? Sebenarnya sudah ada beberapa website yang mulai membangun brand mereka di internet sebagai pedagang di internet, cuma kepopuleran dan kuantitas transaksi di web-web ini masih kalah jauh di bandingkan bhinneka. Hanya Forum2 seperti kasus.us dan Chips.co.id yang memiliki subforum jual beli yang berhasil memiliki jumlah transaksi yang cukup banyak, mungkin nilai transaksinya mungkin kecil ( asumsi saja..butuh penelitian lebih lanjut). Pada forum tersebut nilai transaksi lebih dari 1 juta lebih banyak di lakukan secara tatap muka, hanya transaksi yang di bawah nilai 1 juta yang banyak lakukan secara online, pesan, transfer, kirim (lihat contoh jual beli di kaskus untuk item kaos).

Kenapa orang takut membeli secara online untuk nominal besar ?
jawabnya yaitu :

  1. Kurangnya perlindungan untuk pembeli dalam setiap transaksi ( di tipu tidak kirim, barang tidak sesuai, tidak orisinal dll)
  2. Budaya Cash and Carry model pasar tradisional yang belum bisa di rubah.
  3. Rendahnya pemanfaatan GARANSI di indonesia

SO WHAT IS THE IDEA ?
Setiap pedagang online memiliki kecenderungan melakukan edukasi terhadap produk yang mereka jual, so product knowladge adalah sesuatu yang wajib di lakukan oleh pedagang. ini mungkin salah satu sebab kenapa forum lebih banyak terjadi transaksi di bandingkan web biasa. nah, ide dari konsep sederhana di bawah ini adalah bagaimana kita bisa menjembatani kepercayaan pedagang dan pembeli tanpa mempersulit kedua belah pihak. Maka konsep dari ide ini adalah menjadi jembatan transaksi dan jembatan pengiriman barang.

What we build ?
Yang kita bangun adalah sebuah jaringan cash and carry antar wilayah, di mana katakanlah kita membangun jaringan antar kota yang berfungsi untuk mengirim dan membayar barang yang telah di sepakati di beli. The idea is COD drop store
contoh sederhana:

Sekumpulan orang membuat website B2B dengan personel: A lokasi Jakarta, B lokasi Surabaya, C lokasi Bandung, D lokasi Semarang, E lokasi yogyakarta. Masing-masing adalah tempat mengambil barang dan membayar barang yang di sepakati.

X sepakat membeli barang dari Y di website tersebut. Lokasi X di yogya sementara Y ada di Bandung. So di web tersebut terlihat berapa harga yang di sepakati, maka Personil C yang berada di kota Bandung mengambil barang di toko Y, barang di kirim ke personil E yang berada di kota yogyakarta, E mengirimkan barang sekaligus mengambil uang dari kesepakatan antara X dan Y. barang dan uang di terima maka personil C datang ke toko Y memberikan sejumlah uang yang di sepakati.

darimana keuntungan perusahaan tersebut ? keuntungan di ambil dari biaya pengiriman yang biasanya menggunakan Tiki ataupun Fedex. Apakah ide ini sama dengan Escrow service ? Ide ini berbeda dengan escrow service karena escrow tidak bertanggung jawab terhadap proses pengiriman sehingga biaya menjadi berlipat bagi penjual dan pembeli. Berbeda dengan konsep ini yang membebankan fee bersamaan dengan proses pengiriman barang ( so you have own cargo service also), sehingga secara psikologis tidak membebani pihak penjual dan pembeli.

yah…sekali lagi cuma ide selintas, tapi seandainya muncul sebuah perusahaan dengan ide yang sejalan dengan gambaran sederhana di atas mungkin orang akan semakin terbiasa dengan transaksi online di indonesia ( i hope)

Satu pemikiran pada “Suporting Bisnis Di Internet (just Idea)

  1. BAGAIMANA MENJALANKAN GOOGLE ADSENSE

    Ada sebuah perusahaan seperti Value Click Media yang membuka jasa menjual ‘space’ iklan berbentuk banner untuk ditempatkan di jaringan mereka.

    Banyak pemilik produk yang memasang iklan banner pada mereka. Pemilik produk ini disebut sebagai ‘Advertiser’ (pemasang iklan).

    Nah, pemilik situs yang tidak memiliki produk seperti kita, bisa mendaftar ke Value Click Media untuk menyimpan banner-banner pemasang iklan untuk mendapatkan keuntungan. Posisi kita dalam hal ini disebut sebagai ‘Publisher’ alias bergabung menjadi jaringan Value Click Media.

    Publisher menyimpan kode tertentu yang diberikan oleh Value Click Media di situs mereka, dan banner orang lain pun muncul di situs mereka secara otomatis.

    Mungkin kita pernah melihat iklan banner di Internet, seperti di Yahoo! atau tempat-tempat lainnya seperti iklan banner tentang dating, reunion, free screensaver, dll.

    Nah, Yahoo! pun, jangan salah, dia mendapatkan keuntungan dari pemasang iklan sekolah online tersebut. Si pemilik banner dia sebenarnya tidak langsung kontak ke Yahoo untuk banner nya di pasang di situs mereka, melainkan melalui pihak ke-3 seperti Value Click Media. Dan Value Click Media-lah yang mengatur banner mereka muncul di mana!
    Dalam hal ini, Yahoo! pun berlaku sebagai ‘Publisher’.

    Siapapun yang memiliki situs bisa berlaku sebagai Publisher seperti Yahoo! di atas. Tapi memang khusus untuk Value Click Media ini, mereka punya ketentuan untuk menjadikan sebuah situs bagian dari jaringan mereka. Biasanya mereka hanya akan menerima situs yang sudah banyak pengunjungnya atau traffic nya sudah cukup banyak!

    Komisi pembayaran iklan banner untuk para Publisher diberikan dengan 2 cara, tergantung perusahaan yang menjadi ‘provider’ iklan banner, seperti Value Click Media.

    Cara pembayaran komisi iklan banner untuk Publisher:

    Berdasarkan Per 1,000 impression/kemunculan iklan.

    Maksudnya, kalau banner yang dipasang di situs kita itu sudah 1000 kali muncul kita baru mendapatkan bayaran. Ingat, 1000 itu bukan 1000 orang, tapi 1000 kali ‘muncul’. Contoh, kalau seseorang datang ke situs kita, dan banner itu muncul, maka itu dihitung sebagai 1 impression. Kalau dia ‘refresh’ halaman itu lagi, maka jadi 2 impression, dst.

    Pembayaran komisi bervariasi. Rata-rata Publisher mendapatkan komisi sekitar $20 per 1000 impression. Jadi jika seorang pemilik website mendapatkan 10.000 hit/impression maka dia akan mendapatkan komisi sebesar $200.

    Berdasarkan Per klik.

    Ada juga komisi yang diberikan berdasarkan per klik. Maksudnya, Publisher baru akan mendapatkan pembayaran jika ada orang yang meng-klik banner tersebut. Pembayaran komisi juga akan sangat bervariasi. Katakanlah sekitar 5 – 20 sen per klik. Tergantung iklan.

    Anda tertarik…? silakan mencoba

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s