12 Hari bersama Web.ID

Atas permintaan WNW Lawfirm pada awal bulan maret 2007 untuk meregistrasikan domain wnw.web.id, mengingat domain 3 huruf com/net/org terlalu mahal (rata2 sudah di daftarkan orang lain) dan pendaftaran domain ID masih gratis sampai 30 April 2007.

Setelah diskusi untuk memilih wnw.co.id atau wnw.web.id, maka pada tanggal 14 Maret 2007 di putuskan untuk meregistrasikan wnw.web.id, dan saat itu juga aku mendaftarkan domain tersebut dengan mengirimkan KTP dan SIM sebagai persyaratan pendaftaran.

Pada tanggal 16 Maret 2007 aku layangkan pertanyaan standart ke pengelola domain indonesia dengan menggunakan fasilitas Help desk.

Problem Subject: Waktu Proses Pendaftaran
Problem Date : 16/03/2007
Username : estrex
Problem Level : Non Critical
Problem Priority : Low
Problem Description : berapa lama waktu proses verisikasi pendaftaran ?

dan di jawab tak lama kemudian:

Solution Description : waktu aktivasi adalah 3-5 hari. terima kasih

so dalam kalkulasi sederhana maka domain wnw.web.id yang aku daftarkan pada 14 maret 2007 akan di setujui atau di tolak pada tanggal 19 maret 2007.

pada tanggal 21 Maret 2007 karena sudah lebih dari 5 hari waktu yang di janjikan maka aku mengirimkan kembali pertanyaan ke help desk :

problem Subject: wnw status
Problem Date: 21/03/2007
Username : estrex
Problem Level : Non Critical
Problem Priority : Medium
Problem Description : hallo, domain wnw.web.id saya registerkan dari tanggal 14 maret 2007 dan sampai 21 maret 2007 masih pending create. berdasarkan jawaban pertanyaan saya sebelumnya proses antara 3 – 5 hari, dan domain wnw.web.id telah 7 hari belum aktiv. any info ?

Yang Sampai tulisan ini di buat 26 maret 2007 masih belum terjawab dan domain masih berstatus : Pending Create – waiting administrator approval

Pertanyaan saya paling sederhana dari kasus ini adalah:

Apakah tidak ada time line yang jelas sebuah domain di setujui ataupun di tolak dari pengelola domain indonesia ?

saya pribadi lebih menyukai bahwa aplikasi saya di tolak, di bandingkan di gantung 12 hari tanpa kejelasan.

## update ##

WNW.WEB.ID sudah aktiv, berkat telpon 2 kali sehari. tapi yang membuatku terenyuh adalah sang penerima telpon dari pengelola domain ID yang hanya bisa menjawab, ya nanti saya sampaikan ke adminnya pak !

kok seperti satpam doank ya, beliau gak punya akses buat tau udah sejauh mana proses yang udah berjalan ? atau jangan2 emang satpam, parahnya lagi beliau yang menerima telpon bahkan tidak perduli domain gw apa, yang dia tanya cuma co.id atau web.id, ya sudah nanti saya sampaikan ke adminnya pak. *halah*

16 pemikiran pada “12 Hari bersama Web.ID

  1. Ah udah gak aneh sih, cuman kok perasaan semakin hari semakin memprihatinkan aja domain .id tuh *apa jangan pake perasaan aja gitu😀

    Dulu pernah juga domain temen saya di gantung, cuman bukan daftar tapi modify domain… kalo gak salah sih pengen ganti ns gitu tapi kagak berubah berubah ampir satu bulan, padahal udah dikirim beberapa kali… pas ditanyain langsung malah dapet jawaban “ada kesalahan pada pengisian formulir” *watauuuuuuuu bo ya dikrimin email gituloh biar kite tau ape salahnye, mana yang salah gak ngaruh ama domainnya pulak😦

    Yah nasip dah… pengen ngemajuin dunia perinternetan di indonesia tapi proses domain aja masih manual, kalo gini terus kapan juga ye bisa maju😐

    Yang bikin parah lagi sih saking manualnya, banyak domain yang mubajir… udah expired, kagak kepake, yang punya juga dah gak tau kemana eh domainnya masih aja nongkrong… mbok ya di beresin, jangan sampe kejadian kayak mail.web.id yang mubajir!

  2. Domain ID? Ogah ah pakai second level domain. Kalau boleh pakai top level domainnya malah mau. Alamat web jadi kombor.ID wah mau banget. Bayar deh Rp 100rebuh nggak apa-apa.

  3. Ping balik: Masih Seputar Web.ID « KELOLA!!

  4. @bung lutfi
    kelihatannya kebijakan pengelola domain untuk lebih percaya KTP di bandingkan SIM. pada beberapa kasus memang penggunaan SIM cenderung di tolak. saran saya sih pake KTP aja.
    benernya heran juga sih, kenapa SIM belum di kategorikan sebagai identitas di indonesia (banyak kasus termasuk urusan domain) padahal SIM sama jelasnya dengan KTP perihal jati diri seseorang. mungki karena image SIM bisa nembak makanya orang gak begitu percaya ama SIM sebagai identitas diri.

    @bung muin,
    karena saya goblok makanya saya belajar dengan berdiskusi dengan orang lain lewat blog ini. kalo pinter saya sudah gak bakalan ngeBLOG tapi utak utik metadata. **halah**
    thx for your attention.

  5. Ping balik: Kelola - Masih Seputar Web.ID

Tinggalkan Balasan

