Roy suryo, COM VS INFO

Dari blog priyadi tentang Kritik Terhadap Blog Menhan Juwono Sudarsono oleh roy suryo tentang penggunaan domain com pada website (blog) menhan  www.juwonosudarsono.com adalah sebuah perdebatan tentang sesuatu yang bersifat “seharusnya” dan “sebaiknya”. sama seperti perdebatan tentang website presiden sby yang menggunakan domain http://www.presidensby.info yang banyak mengundang kritik penggunaan domain info daripada memakai domain id.

berikur ini adalah maksud dan tujuan masing2 ekstensi domain :

  1. .Com : di gunakan untuk kepentingan komersial atau perusahaan tetapi bersifat terbuka untuk di daftarkan siapa saja.
  2. .Net :  di gunakan untuk kepentingan network infrastruktur tetapi bersifat terbuka untuk di daftarkan siapa saja.
  3. .Org : di gunakan  untuk kepentingan organisasi tetapi bersifat terbuka untuk di daftarkan siapa saja.
  4. .Info : di gunakan untuk kepentingan informasional website, bersifat terbuka untuk di daftarkan siapa saja
  5. .Name : digunakan untuk kepentingan keluarga atau personal, bersifat terbuka untuk di daftarkan siapa saja.
  6. .Edu : digunakan untuk kepentingan website pendidikan, tidak bersifat terbatas untuk di daftarkan sesuai dengan peruntukannya.
  7. .Mil : di gunakan untuk kepentingan website angkata bersenjata amerika, bersifat terbatas untuk di daftarkan sesuai dengan peruntukannya.

jadi penggunaan domain yang bersifat terbuka untuk di daftarkan oleh siapa saja tidak memiliki konsekwensi apapun. maka sifat domain com,net,org,info,name pada dasarnya dapat di gunakan sesuai dengan kepentingan pemilik domain. berbeda dengan domain2 yang bersifat hanya bisa di daftarkan sesuai dengan peruntukannya. maka website yang merupakan website pribadi, seperti website Juwono sudarsono ataupun website presiden sby berhak menggunakan domain com,net,info,org,name dll selama tidak menyalahi peruntukannya.

berbeda dengan domain .edu, .mil, .gov dll yang di batasi fungsi peruntukannya maka website yang di buat dengan menggunakan domain2 tersebut apabila menyalahi peruntukan domain tersebut maka akan lebih tepat untuk di permasalahkan. atau mungkin penggunaan domain indonesia (id) yang sangat patuh dengan fungsi peruntukannya, maka apabila website menteri juwono sudarsono apabila menggunakan domain or.id sebagai blog pribadi maka berdasarkan fungsi peruntukan domain dan sebagai konsekwensi penjabat publik maka menteri pertahanan kita tersebut layak memperoleh teguran dari menteri komunikasi.

maka berbeda dengan situs presidensby.info yang berdasarkan disclaimer di website tersebut sebagai Situs Resmi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini dikelola oleh Kantor Juru Bicara Kepresidenan. maka tingkat perdebatan situs pribadi menhan lebih tidak esensial. karena sesuatu yang resmi malah tertutup terhadap perdebatan, sementara yang personal malah memancing perdebatan. maka berdasarkan sifat domain kedua website tersebut, maka website presiden sby ataupun menhan juwono sudarsono pada dasarnya adalah website pribadi dan tidak mewakili siapapun.

8 pemikiran pada “Roy suryo, COM VS INFO

  1. Pak De, saya minta tolong dituliskan acuan yang benar mengenai .id
    Pasalnya, beberapa waktu lalu permohonan .id saya untuk .or.id ditolak. Ketika saya tilik acuan di register.net.id pun rancu (bagi saya). Selain itu, sebelumnya saya juga pernah mendaftarkan .sch.id tapi lagi – lagi ditolak dengan alasan dokumen belum (baca: tidak) lengkap. Padahal dokumen yang saya kirimkan sudah sesuai dengan yang diminta (dengan merujuk pada register.net.id)

    Terimakasih🙂

  2. dokumen untuk domain “or.id” menurut register.net.id :
    a. Akte Yayasan / Organisasi
    b. Surat Keputusan Organisasi
    c. Kartu Identitas Penanggung Jawab (KTP / SIM / Passport)

    dokumen untuk domain “sch.id” menurut register.nrt.id :

    1. Surat Pengajuan Resmi dari Kepala Sekolah yang Bersangkutan (Diatas Kop Surat, ditandatangani dan dibubuhi stempel sekolah)

    2. Kartu Identitas (KTP / SIM) dari Kepala Sekolah / Kepala UPT/ Pejabat yang ditunjuk sebagai penanggung jawab

  3. kayaknya ini peraturan baru ya? hihihi… kan ada budi.or.id, firdaus.or.id, chandra.or.id hihihi…

    barusan nyoba daftar lagi, ditolak lagi. hihihi..

  4. Mengenai .or.id, kalau dulu sebelum ada di register.net.id, tidak sulit juga. Setelah daftar, langsung saja lampirkan dokumen pendukung untuk proses registrasi.

    Tapi untuk sekarang (lupa tepatnya mulai kapan), untuk personal, memakai .web.id. Tidak tahu juga nasib domain .or.id untuk personal yang didaftarkan sejak lama…

    Saya coba pernah daftar .or.id untuk domain personal, lengkap dengan dokumen pendukung, tetap ditolak, karena personal pake .web.id.. kata mereka sih gitu…

  5. dr dulu .or.id sebetulnya memang jadi wilayah abu2. ada yg bilang .or.id tuh untuk organisasi…., pdh peruntukan awalnya untuk “other classification”…

  6. kalo aku seh…mending di bebaskan…
    epribadi bisa mendaftar domain indonesia cukup dengan ktp.
    kalo you mendaftar domain yang di paten…tinggal di ambil alih aja ama pengelolanya…

  7. Wah dah agak telat ya tapi gak apalah, menurut saya sih pemanfaatan teknologi komunkasi digunakan seefektif dan efisien mungkin, lha kalo mau berdebat secara langsung kenapa tidak mungkin itu lebih fair ha ha, lha kalau beredbat via dunia maya kan lucu sebenarnya. Kenapa mereka tidak bisa membahas rahasia negara atau politik bagaimana menghancurkan bangsa saja kan agar bangsa ini tambah melarat sekalian.

  8. Pak, saya dapat email dari yahooaward. tertulis bahwa saya mendapatkan doorprize sebesar 1.800.000 pounds. Pemenang diambil secara random dari para pemilik email. yang saya mau tanyakan, apakah email dan undian itu itu benar ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s